Minggu, 06 Agustus 2017

My Student Life in Malang

Almost six years have passed, and I'm now reaching the end of my final term in Malang.

Seperti sebuah keajaiban. Di sini aku mendapatkan kesempatan untuk memenuhi impian seorang gadis muda yang dulunya dunianya hanya di rumah.

Melalui kesempatan ini, aku telah menemukan rumah baru, yang 180 km jauhnya dari Ponorogo, rumahku sendiri.

Aku telah tumbuh, mampu beradaptasi dengan gaya hidup baru, misalnya mengandalkan diri sendiri, naek motor sendiri untuk berkeliling.

Hidup disini telah mengajarkan aku banyak hal. Bahkan diluar bayanganku dahulu.




Selain menumpuknya tugas kuliah yang harus aku seleseikan setiap minggu, aku harus belajar untuk bertahan hidup sendirian di lingkungan baru yang tentunya bersama wajah-wajah baru.

Meskipun telah banyak hal yang kulalui di sini, namun aku sadar bahwa belum banyak cerita yang sudah kubagi tentang Malang.

Jadi inilah sebagian cerita keseharianku sebagai seorang mahasiswa di Malang.

Empat tahun lalu, kuhabiskan waktuku untuk kuliah dan belajar di kampus II Universitas Negeri Malang. Tidak ada satu jam kuliahpun yang memberikan kesempatan bagi kami mahasiswa yang haus akan pemandangan kampus pusat. Sampai sampai, ketika aku dan beberapa temanku bertandang ke kampus pusat, dan bertemu teman yang notabene sejak awal sudah kuliah di sini muncul pertanyaan menggelikan dan yaah.. sekaligus agak .. you know lah.

Sampai akhirnya, 2 tahun berikutnya kampus pusat bukan hanya sekedar tempat lewat sewaktu berangkat ke kampus II, tapi inilah kampus tempatku kuliah sekarang.  2 tahun mengejar gelar magister awalnya kukira akan berlalu dengan singkat, namun ternyata aku memiliki cerita yang panjang.


Kalo dipikir pikir lagi. Its so amazing. Ruang kuliah yang menjadi sempit terasa begitu luas, karena aku bertemu orang-orang yang bukan dari lingkup UM aja. Aku bertemu teman baru dari Jember, Blitar, Kalimantan, Madura, Makassar, Bondowoso bahkan sampai Kupang. Lucu ajaaaa, liat wajah wajah baru yang keliatan super duper serius, punya ambisi besar dalam meraih mimpi.
Ngobrol dengan mereka semua membuka pikiranku yang sempit, bahwa banyak sekali hal-hal diluar sana yang aku gak tahu. Saling bertukar informasi, saling berbagi cerita, saling berbagi pengalaman, bercanda renyah yang membuat kami lupa, bahwa ternyata kami semua berasal dari latar belakang yang berbeda.

S2 ini beneran ngasih aku pengalaman yang beda. Seperti mengulang S1, tapi lebih seru. Ada beberapa hal yang gak aku temuin di jaman S1 dulu, seperti:

1.      Dari segi materi kuliah yang pastinya lebih super duper susah, kudu nranslate buku bahasa inggris yang tebel dengan kemampuan bahasa inggris yang pas-pasan. Di tiap mata kuliah punya buku sendiri, kalo gak buku ya e-book. Setelah ditranslate dengan susah payah harus dipresentasiin. Belum selesei sampai disitu, kudu dibabat juga sama rekan sendiri.  

2.      Kudu presentasi berdua atau bahkan sendirian. Gak kaya S1 yang rombongan, yang ngerjain siapa, yang jawab siapa, yang presentasi siapa. Tapi S2 ini bener bener nguras otak. Gimana enggak, kelompokan paling banyak Cuma 3 orang dan itupun jarang. Lebih sering berdua atau sendiri. Mau gak mau dan kudu harus dikerjain sendiri, sepenuh hati. Hahaha.dan yah ada cerita lucu waktu jaman semester 2. Gatau gimana cerita, gimana skenarionya, tujuah dari delapan mata kuliah aku bisa kelompokan dengan orang yang sama, yaitu Kakak. Entah pake acara diacak, acara ngitung, lotre keluarnya tetep kelompokan sama dia. Agak ... aneh.

3.      Tugasnya banyak. Kalo ini mah jangan ditanya. Mo kuliah di kampus manapun yang namanya tugas pasti juga bakalan bejibun banyak. Dan yaaah, kekuatan super mahasiswa adalah sistem kbut semalem. Meskipun diberikan tugas sejak awal perkuliahan dan udah dikasih tahu untuk bahan tugas akhir, ngerjainnya pasti di malem sebelum dikumpulin. AMAZING benerr.

4.      Teman yang banyak. Kalo dulu S1 selama 4 tahun kami terus berkutat dengan orang yang sama, tapi di S2 ini beda. Karena ada konsentrasi atau penjurusan, maka kelas dibagi menurut konsentrasi. Dan disini aku juga dapet banyak teman baru, wajah wajah baru.

5.      Kehidupan kampus yang seru. Aku mulai nemu temen temen sepermainan yang seru di awal semester dua. Entah gimana juga awalnya, mungkin berawal dari visi misi dan kehewahewean yang sama akhirnya kami berenam bisa deket. Kelompok paling alay di dikdas angkatan 2015 -___- kelompok paling malu maluin dan gak bisa kalo gak alay. Mereka berlima yang membuat S2 ku serasa back to TK. Hahaha I dont know why, with them I feel back to little kiddos.

6.      Maen jauh. Bukannya jaman S1 dulu gasempet maen jauh. Sempet, tapi gak banyak. S2 ini suweneeng banget bisa maen lebih jauh dari jaman S1 dulu. Bisa maen sampe Tulung Agung, Trenggalek, Surabaya, Jember, Banyuwangi, Bondowoso, Situbondo dan Pasuruan. Its mean a lot for me. Bisa maen ke pantai, nyobain segala pengalaman baru, snorkling yang aslinya takut gabisa renang, seharian di Papuma maen air, liat laut, seharian jalan-jalan, liat sunset terakhir tahun 2016 di Pulau Merah, terkena macet 12 jam dari Banyuwangi ke Bondowoso, foto alay di Paiton, jejingkrakan di Pasir Putih Situbondo, foto bareng gajah bareng dolphin di Prigen, ke Surabaya Night Carnival sampe tutup, tidur di alun alun Batu sampe Subuh.



7.      Maen UNO  tingkat dewa. Game andalan selama kuliah S2 ini adalah UNO. Kita pernah UNOan di taman kunang-kunang, di taman trotoar, di atas bukit, di kontrakan 1313. Dikasih hukuman yang bener bener dahsyat, mulai dari coret tepung, capit jemuran sampe nari ala ular india.

8.      Complicated System. Rasanya gak bakalan kenapa kenapa kalo ada temennya. Mulai dari ribet ribetnya ngerjain tugas, sampe awal awal bimbingan tesis. Dimulai dari gak ada gambaran sama sekali tentang apa yang mau ditulis. Nyambangin perpus lebih sering dari biasanya. Melewati seminar seminar proposal tesis, ujian kompe tulis dan lisan, jadi pemakalah prosiding, penelitian tesis dan akhirnya sampai di ujian tesis. Belum selesei sampai disitu karena banyak banget ternyata yang mesti dilakuin sebelum bisa leha leha nunggu wisuda. Revisi ujian yang panjang, ngumpulin tanda tangan dosen untuk pengesahan, jilid tebel tesis yang pale ada drama ketuker lembar plagiasinya sama Kakak, bolak balik perpus pusat, FIP, Pasca, FMIPA kayaknya udah jadi deket aja. Ngumpulin jilidan tesis H-1 sebelum tenggangnya, upload ETDS di perpus pasca yang super ribet, ngurusin serentetan 16 langkah demi wisuda pake toga. Thank God, I am not alone.


Seperti kata orang, waktu cepat berlalu. Rasanya kaya gak percaya bahwa ceritaku akhirnya sampai di penghujung. Setelah ujian di bulan Juni kemaren, aku berharap bisa lulus dan wisuda di pertengahan September nanti.
Melalui suka duka di sini, aku belajar bahnyak hal. Aku belajar untuk mengenal diriku sendiri lebih jauh, bertransformasi menjadi manusia yang jauh lebih mandiri, bisa berdiri di kaki sendiri, dan mengandalkan diri sendiri. Meskipun ada banyak yang aku pelajari dari perjalanan ini, tidak semuanya terasa menyenangkan. Aku banyak belajar tentang bagaimana caranya bersyukur, sabar dan ikhlas dalam menghadapi sesuatu. Menjadi sosok yang lebih kuat dari aku yang sebelumnya, belajar lebih bertanggung jawab. Semua ini mengingatkan aku bahwa aku tidak dapat menerima anugerah ini begitu saja.
Aku berharap semoga aku dapat menggunakan apa yang aku pelajari di sini untuk memberikan yang terbaik bagi diriku, keluargaku, negaraku dan dunia.



 Arek iki jenenge Putri, Puput, Kemprut. Jaman cilikane memprengen tur nangisan. Saben esuk gak iso maem lak gak ditetesi obat gom. Gede sitik, senenange ngluyur turut sawah lan tritisan karo koncone golek ceplukan, epek jambu, epek tebu, epek pelem, belajar ngulukne layangan, dolanan bekel lan dolanan berbi berbian. Senengane pisan tritisan golek titik iyek, dodok erok lan jentrung, ugo seneng luru emplang lan gudril.
            Bocah iki gak seneng turu awan. Saking pecicilane, dke pernah ceblok soko amben. Mergo urip-uripane yo ngunu mau, gak gelem turu awan malah arepe ngluyur karo koncone. Yen udan ambi kancane senengane udan-udanan lan nganco neng kali. Mulih mulih podo keroken. Wes ngalamat tekan omah yo dipupuh. Dijiwiti Pak Joko.
            This little kiddo finally be a woman. Some time She is an overthinker. She can made her mind with everything, every little nonsense. But in the same time, she is a strong woman who can working hard although she is hurt and shattered. Dear Putri, time flies so fast. It will be easier. Your mind, heart and body are trained to be fighter. I love you for being fine above everything so disgusting. I love you for being extra happy instead of cry a lot. One thing that tou have to say to your self, “Well Done, Put. Good Job! You have done the best thing that you can do!”.



2 comment[s]:

candroid mengatakan...

Seneng bisa lewati semua bareng kamu 😘

Latifa mengatakan...

Wah, sy juga sering main uno sm tmn2. Salam kenal saya dr magetan kak

 

Beautiful Days Template by Ipietoon Cute Blog Design