Senin, 22 Mei 2017

DIPERMAINKAN SISTEM



Pernah gak sih, kecewa sampek mentok banget?
Sampe pengen banget teriak “WHY ME?” atau “WHY ME AGAIN?”
Nyesek. Pasti.

Memang bener kata pepatah.
Kita kecewa karena ekpektasi kita sendiri yang terlalu tinggi pada sesuatu, terlebih lagi manusia.

Dan ini sekarang terjadi.
Aku menjadi saksi ditengah tengah perjuangan panjang dua kisah.



Masih segar dalem ingatan dimana, dua minggu ini adalah minggu lagi hits hitsnya banget pembukaan program PPG buat jalur subsidi. Dan banyak banget temen-temen seangkatan yang pengen ikutan.
PPG memang bukan satu satunya jalan buat meraih cita-cita mereka menjadi guru yang diakui sepenuhnya, tapi PPG juga salah satu jalan biar keberadaan mereka menjadi lebih diakui.


Jadi ceritanya tanggal 10-18 Mei kemaren dikti secara resmi buka pendaftara untuk program PPG. Program ini boleh banget diikuti oleh seluruh lulusan mahasiswa jurusan pendidikan yang nama universitasnya juga tercantu di list DIKTI. Nama kampus saya salah satunya.
Dibukanya pendaftaran PPG seakan akan membuka angin segar bagi temen temen seangkatan buat ngrubah sesuatu. Jadi mereka semangat banget daftar.

But, Successful people are not formed from the comfort zone.

Perjalanan daftar yang tinggal klik tombolpun juga bukan cerita pendek yang habis itu selesei. Permasalahan mulai muncul di sana sini, mulai dari kesalahan tanggal masuk kuliah, kesalahan tempat tanggal lahir, jenis kelamin dan data antah brantahnya.
And you know what, mereka gak bisa daftar kalo tahun masuk dan TTL mereka masih salah, karena apa? Dua poin itu gak bisa diedit pas udah login ke web PPGnya.
Dan cara yang ditempuh pertama yang paling instan adalah ngimail ke dikti perihal kesalahan-kesalahan data yang mereka alami.
Respon dari merekapun, semuanya harus diurus kembali ke kampus asal masing-masing karena dikti Cuma bertugas menerima data, bukan mengedit data dari pangkalan.
Next step yang bisa dilakuin adalah dateng ke kampus, ke urusan akademik dan nyari orang yang berwenang.

Saking temen temen pada jauh rumahnya, pada kerja semua. Akhirnya aku, merinta dan nipa yang inisiatif buat bantu 10 orang teman teman kami menemui orang yang bersangkutan di kampus.
Seluruh data scan nan dari KTP, KK, akta sampe ijasah di kirim via email.
Aku dan merinta datang pertama ke kampus hari Senin tangal 15 Mei 2017, tepat sehari sebelum SBMPTN digelar. Sampai disana, juga semuanya gak berjalan mulus.

Sampe gedung, udah banyak banget mas-mas yang juga pengen ngurusin kesalahan data dan bertemu dengan seorang ibu-ibu. Baru ngeh setelah mas-mas itu keluar dan aku tanyain hasil pembicaraan di dalam tadi.
Ternyata, bapaknya sedang pergi ke luar kota hari itu. Dan kesimpulannya hari itu gak bisa ditemui sama sekali. Besoknya bakalan sibuk karena SNMPTN, dan baru bisa ditemui hari Rabu tanggal 17 pagi.
Dapet info gitu, aku langsung kasih tahu ke temen temen.
Tahu bener perasaan mereka ketika voice note aku sampe ke telinga mereka.
That means our chances of remaining 30%


Gimana enggak, karena penutupan pendaftaran hari Kamis dan Rabu baru bisa ngurus. Bukan niatan negatif thinking tapi yaa nalar aja, mana bisa data dikti berubah dalam waktu sehari.
Tapi, keajaiban masih ijinin kami buat usaha lagi.
Karena ternyata penutupan pendaftaran PPG diundur jadi tanggal 20 Mei karena besarnya anemo masyarakat. Alhamdulillah, masih da harapan.

Aku, merinta dan nova pun masih pengen banget bantuin arek-arek biar semuanya bisa daftar PPG. Rabu pagi-pagi bener, aku sama memer ke sana. Nyamperin langsung bapaknya. Pengen tahu banget, mana sih orang yang bakalan jadi “DPO” selama proses pendaftaran PPG ini. Dan akhirnya ketemu.
Kita ngurusin data dari jam setengah 8 pagi sampe jam setengah 12 siang. Laper? Iya. Lemes? Iya. Kudu marah marah? Pasti. Karena situasinya udah gak enak, bapaknya kudu emosi mulu, yang sini udah disabar-sabarin dianya nyinyir.



Hampir semua anak anak yang salah data tempat tanggal lahir diubah dan diperbaiki datanya dengan elampirkan KTP, KK, ijasah asli sebagai bukti. Dan kata Bapaknya, pemberitahuan dari dikti akan dikirim via email ke email bapaknya, dan langsung aja kuminta bapaknya nanti kirim ke emailku kalo udah ada balesan dari dikti.
Selesei disitu, kita semua agak lega.
Temen temen yang dirumah juga usaha bikin dan nyiapin segala persayaratannya, sedangkan kami disini juga Cuma bisa bantu ngurusin data sambil bantu doa. Semoga masih ada harapan.

Gak ngerti yaa, adaaaa ajaaa perkaranya.
Keesokan harinya, kukira bakalan ada kabar dari email bapaknya ngabarin kalo udah ada pembenahan data dari dikti ternyata .. eh, malah ada kabar nyesek.
What is that?
Seorang adek kelas yang unyu ngabarin kalo pembenahan data dari dikti itu paling cepet bisa diubah dalam waktu 2-3 bulan.

Baca kabar ini, serasa ikutan tersambar petir.
Nyueseeeek sampe tenggorokan sakit. Sumpah.

Aku gak mikir panjang, langsung aja aku email langsung bapak bapak yang ngebenahin data kemaren tanya kejelasan kalo pembenahan data dari dikti baru bisa berubah 2-3 bulan, dan juga ada kabar kalo pembenahan data untuk PPG udah ditutup.
You know what? Sampe detik ini aku posting. Gak dibales..

Aku pengen ngebuktiin doktrin dari kakak angkatan yang bilang,
XX tuh bukan sejenis UI atau UGM yang ada keluhan apapun dari mahasiswa, bisa langsung ditangani. Jadi harus secara manual kesana diubah sendiri datanya

DAN BENER.

Kita udah usaha kesana, ngumpulin data, benerin data, buat pernyataan kesalahan data dan... endingnyaa ..
Semacam ...
Tau ah.
Aku bener bener gak pengen ngecilin harapan temen temen yang udah susah payah ngumpulin berkas di rumah, pengen bantu mereka, pengen liat mereka bisa ikut PPG. Tapi kayaknya birokrasi lebih rumit dari pada pikiran polos para alumni yang gak tau apa apa yang ternyata datanya sampe mereka luluspun sampe salah.

YA ALLAH pengen nangis kenceng.
Dan baru kemarin, denger lagi selentingan paling kampret sedunia fana.
kalo datanya salah, itu kan berarti kesalahan dari mahasiswa. Kami cuma input data sesuai dengan data yang ada. Makanya sebelum lulus itu datanya diliat, nah setelah lulus baru keteteran

Entah siapapun yang ngomong itu,
Mewakili seluruh alumni dan angkatan yang merasa dirugikan karena kesalahan data yang tidak kami ketahui sampai kami luluspun, saya cume pengen bilang

“ALLAH ITU MAHA TAU PAK. Selama empat tahun ini kami tidak pernah sekalipun ada pemberitahuan ataupun sosialisasi untuk mengisi data selain data pertama kali diawal kami masuk. Dan itupun insya Allah kami mengisinya dengen bener, dengan penuh kesadaran. Dan buktinya seluruh data kami di SIAKAD benar. Dan kami tidak pernah mengubah data apapun di SIAKAD. Di SIAKAD kami tidak ada input tahun masuk, dan kami tidak tahu tentang hal itu”

Sakit ya? Banget.
Rasanya kaya habis manis sepah dibuang. Dibuang, ditinggalin tanpa dipungut lagi.

Bisa-bisanya ya Tuhan birokrasi membuat kami para alumni yang gak tahu apa apa kena imbasnya.
Angkatan ku adalah angkatan yang paling menderita kayaknya. Setelah lulus gak bisa daftar SM3T karena banyaknya kesalahan data, tahun ini gak bisa ikut PPG karena datanya pun gak berubah.

Wallahu alam.
PPG bukan satu satunya jalan rek. Kalian pasti bisa lebih sukses daripada ikut PPG. 
ALLAH SELALU PUNYA CARA.

Cerita kedua dari adek sendiri. Febri
Seumur umur baru ini saya bener bener pengen lari pulang langsung meluk kenceng adek satu satunya yang biasanya gak pernah akur, selalu iri-irian, selalu omel-omelan.

Kemaren jam 4 sore ditelpon ibu tiba tiba.
Tanpa babibu.. ibu langsung cerita kalo..

Sistem pendaftaran SMA se Indonesia sekarang memakai jalur online dan di Ponorogo dipakai sistem pembagian Zona.

Jadi, pendaftarannya nanti dilakukan serentak seluruh indonesia menggunakan sistem online, melalui danem dan tidak ada tes.

Berdasarkan rapat kepala sekolah seluruh SMA di Ponorogo ditetapkan bahwa ada sistem pembagian zona, yaitu zona timur, zona selatan, zona barat dan zona utara.

Zona timur termasuk SMAZA, SMA babadan dan SMA Jenangan.
Zona Selatan termasuk SMAGA, SMA Balong, SMA Bungkal, SMA Slahung, SMA Ngrayun
Zona Barat termasuk SMA Bagedan, SMA Kauman dan SMA Sampung
Zona Utara termasuk SMADA, Pulung, Sooko, Sambit dan Sawoo.

Its mean, kalo pilihan pertama kalian di SMAZA dan gagal masuk berarti bakalan masuk ke SMA Babadan atau SMA Jenangan, begitu seterusnya.
Dari sistem zona ini mungkin masih beralasan, untuk meratakan jumlah siswa SMA di kabupaten Ponorogo.

But, ada sistem kedua yang sama sekali gak adil.
Dari rapat kepala sekolah SMA itu tadi juga dihasilkan keputusan kalo hasil danem siswa yang memakai UNBK bakalan diterima 100% sedangkan danem siswa yang memakai paper hanya diterima 75%.

Dan celakanya, SMP febri adalah salah satu sekolah dengan sistem UN paper.

Its mean, semisal nanti febri dapet danem 36 an namun pas masuk pendafaran online, danem yang diakui Cuma 27.
Beneran gak adil kan?

Sebagus apapun hasil danemnya, danem febri Cuma bisa diakui 75% dari danem yang didapat.

Hal ini karena ada isu, UN paper rawa pembelian kunci jawaban UN.

There is something that makes me unable to hold back tears ..

Ngerti banget perasaan bapak ibu pas bingung gara gara aku masuk SMA kemaren. Bingung gimana seandainya gak bisa masuk SMA negeri yang dipengeni.
Keinget banget, perjuangan bolak balik bapak ibu dari SMA 1 dan SMA 2 buat liat pengumuman, buat anter tes, buat nungguin tes dan tahun ini terulang lagi di adek

Kebayang, gimana poteknya hati ibuk.

Ya ALLAH..

Aku tahu banget gimana perjuangan bapak sama ibu tiap hari jemput febri sekolah, anter pebri les, nungguin pebri les, tidur tiduran di masjid, ibu keujanan karena bapak sibuk gabisa jemput, gak peduli panas, capek. Tetep setia nganter febri buat les.

Dan aku juga tahu banget gimana perjuangan febri sekolah selama 3 tahun ini. Aku ngerti banget gimana sakit hatinya ketika dia ditolak masuk ke SMP 1. Gimana kemauan kerasnya buat buktiin kalo dia emang bisa jadi yang terbaik di sekolahnya. Gimana cara dia bikin bapak ibu bangga, naik podium setiap semester sebagai orang tua dari siswa yang berprestasi, yang dulu aku gak pernah bisa wujudin itu.

Aku tahun banget gimana gigihnya dia tiap hari tanpa capek sekolah sampe sore, les sampe malem, sampe rumah harus belajar, ngerjain PR. Aku tahu senakal nakal dan se males malesnya pebri dia tahan banget kalo disuruh belajar lama-lama. Gak kaya aku. Dan aku akui dia lebih pinter dari aku pas aku seusia dia dulu.

Hal yang paling bikin aku gak bisa nahan tangis adalah pas dia DM IG dengan kata kata yang bener bener bikin “potek jga hati kakak, dek”



Ngerti banget ketakutan dia. Ngerti banget kekhawatirannya. Ngerti banget gimana kalo sesuatu yang gak diinginkan bakalan terjadi. Ngerti banget kalo dia yang polos dan ga ngerti apa apa ini berada dalam sistem yang gak adil buat dia.
Tahu apa anak usia 15 tahun dalam menghadapi UN, mereka tahunya Cuma belajar biar danem mereka bagus dan bisa masuk ke SMA yang mereka pengen. Sementara ada isu yang nyebutin kalo ada kunci jawaban yang beredar di kalangan UN paper.

Febri juga bilang, “aku gak pake kunci mbak, aku ngerjain jujur. Aku ngerjain sendiri. Aku jujur masa aku juga kena imbasnya”.

Hati siapa, hati kakak mana yang gak suakitt rasanya menerima ketidak adilan ini. Hati kakak mana yang gak patah juga liat adeknya bimbang ditengah ketidak pastian.

Febri udah terima kalo memang dia gak masuk SMAZA seperti kakak kakaknya dulu karena pembagian zona, walaupun dia pengen banget masuk sana. Dan dia bakalan terima kalopun harus masuk SMADA ataupun SMAGA tapi yang masih bikin semuanya berasa gak adil adalah sistem penerimaan danem paper yang Cuma 75% dari danem asli.

Ya kalo mereka semua nyontek.
Gimana nasib yang jujur, ngerjain sendiri dengan susah payah?

Sigh!

aku bener bener yakin dengan quote ini
Dunia manusia memang gak adil, jadi biasakan dirimu.


Tapi dibalik semua ketidak adilan itu,

ALLAH MAHA ADIL

Dan ALLAH tidak pernah memberikan cobaan diluar batas kemampuan hamba-Nya.


ALLAH pasti punya skenarionya sendiri. ALLAH punya jalan terbaik untuk semua hamba-Nya, untuk arek arek, untuk Febri dan pasti juga untukku.

1 comment[s]:

Vash Desain mengatakan...

Nice info, thanks for share, oh ya saya mau berbagi, baru saja saya menemukan Video Viral tentang Hobby jadi Bisnis trus minum Kopi Terbaik sambil simak Media Kalteng baca tentang Paid Promote / Jasa Endorse untuk Jual Akik Gambar buat beli Printer laser white toner Lebihnya buat cari jasa desain grafis

 

Beautiful Days Template by Ipietoon Cute Blog Design